Belajar Menulis Buku

Belajar Menulis Buku

Halaman ini untuk dokumentasi pembelajaran menulis buku. Baik karya mandiri maupun kolaborasi. Sangat menyadari bahwa buku adalah bagian dari karya kepenulisan.

Buka karya mandiri

Buku mandiri ke 3

Judul buku: Belajar Kearifan Lokal dari Kebun Nusantara. 2019

Buku mandiri ke 2

Gendhuk Limbuk dijumpai di pewayangan Jawa. Berkedudukan khusus sebagai emban, dayang ataupun rewang alias abdi yang khusus membantu di kaputren (kaputrian). Namun sesungguhnya Gendhuk Limbuk bukan abdi yang disuruh-suruh melulu, kedudukannya mengandung unsur para panakawan Semar, Gareng, Petruk dan Bagong yang mendampingi klan Pandawa ataupun Togog Tejamantri pembisik kebenaran bagi klan Kurawa. Bila keluarga Semar dan Togog berada di jalur kasatriyan, Gendhuk Limbuk dan Simbok Cangik menggawangi jagad kaputren, keseimbangan gender yang dirakit elok oleh dunia pedalangan. Gendhuk Limbuk juga merupakan simbol keseharian, betapa setiap titah adalah Limbuk kehidupan, ada di setiap keaadaan.

Selamat membaca buku ini Gendhuk Limbuk (Belajar Kearifan Lokal dari Lingkungan Sekitar). Semoga bermanfaat. Judul buku: Gendhuk Limbuk (Belajar Kearifan Lokal dari Lingkungan Sekitar) • Penulis: Suprihati • Penerbit: Sixmidad (Bogor, Agustus 2015) • Tebal: vi + 91 halaman• ISBN: 978-602-0997-13-1

Gendhuk Limbuk (Belajar Kearifan Lokal dari Lingkungan Sekitar

Buku mandiri perdana

……….. Kehidupan kebon keseharian kitapun tidak jauh berbeda dengan rumpun gerbera tersebut. Ada perbedaan corak, gaya yang saling dipadukan. Dalam rumpun paling kecil di rumpun keluarga, ada aneka gaya dari pasangan orang tua maupun para anak. Janji dua pribadi menyatupun tak bermakna menyatukan gaya dan ekspresi. Para anakpun bukan duplikat dari pribadi orang tuanya, mereka adalah pribadi unik yang sedang berkembang. Adakalanya keharmonisan relasi terusik, sentuhan warna kuning dan pink saling bertabrakan. Dengan belajar dari keharmonisan gerbera tiga warna, rumpun keluarga kitapun dapat memancarkan keindahan……………….

Judul buku: Pesona Gerbera Tiga Warna • Penulis: Suprihati  • Penerbit: Griya Media (Salatiga, November 2013) • Tebal: 100 halaman • 14 cm x 21 cm

Buku karya kolaborasi

Kolaborasi ke 9 bersama Inspirasiana

Bunga Rampai kedua bersama Komunitas Inspirasiana

Kolaborasi ke 8 bersama Inspirasiana

Pelangi Budaya dan Insan Nusantara 2021 Bersama Komunitas Inspirasiana

Kolaborasi ke 7 bersama Smart Farming

Kolaborasi penerbitan buku. 2020. Penerbit ANDI. Judul: Smart Farming

Kolaborasi ke 6 bersama para teruna: Dari Kelas ke Kompasiana

Keterampilan menyampaikan gagasan secara tertulis sangat diperlukan kehidupan semesta, mempublikasikannya mempercepat dan memperluas jangkauan pembacanya. Mahasiswa sebagai calon pemimpin, agen pembaharu bangsa perlu mendapat pengalaman praktis melakukannya. Melalui sedikit modifikasi model perkuliahan dan bekerjasama dengan kompasiana platform blog yang bersifat universal tujuan ini dilaksanakan.

Buku  Mozaik Kata Teruna Kebun berupa Bunga Rampai Pemikiran Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bisnis UKSW disusun melalui penugasan perkuliahan yang diampu pengajar (Suprihati). Buku ini merangkum karya mahasiswa tingkat pertama (Tama) hingga keempat (Wredha) bahkan mahasiswa Pascasarjana. Karya yang dibukukan adalah artikel yang mendapat label pilihan dan artikel utama dari edtor Kompasiana.

Semoga buku ini bermanfaat, setidaknya menjadi penyemangat mahasiswa untuk senantiasa berlatih meningkatkan ketrampilan menyampaikan gagasan tertulis dan mempublikasikannya. Selamat membaca.

Salatiga, medio Maret 2018 Penyunting

Judul buku: Mozaik Kata Teruna Kebun (dari Kelas ke Kompasiana) Penyunting: Suprihati, Andree W. Setiawan • Penerbit: Satya Wacana University Press (Salatiga, Juni 2018)

Kolaborasi ke 5 bersama teruna magister

Pengelolaan hara spesifik lokasi (PHSL) bermula dari pengengembangan upaya peningkatan produktivitas padi di kawasan Asia. Padi memerlukan input hara yang mencukupi untuk memenuhi pertumbuhan dan mencapai target produksi. Pengelolaan hara didasarkan pada pemahaman neraca hara yang mencakup pemahaman neraca input baik yang berasal dari indigeneus input maupun input eksternal dan aliran hara keluar baik yang terangkut melalui hasil panen maupun proses-proses yang menyebabkan kehilangan hara.

Dalam perkembangannya pendekatan PHSL ini tidak hanya diterapkan pada budidaya padi sawah, di Indonesia dikenal PHSL jagung, PHSL kedelai. Pendekatan PHSL memadukan kebutuhan hara tanaman pada setiap stadia pertumbuhannya dengan kemampuan tanah menyediakannya. Pemahaman ketepatan sumber hara, banyaknya hara atau dosis, waktu pemberian serta penempatan hara sangat mempengaruhi keberhasilan implementasi PHSL.

Secara makro, implementasi PHSL merupakan komponen dari precision agriculture yang dapat digunakan pada beragam tanaman maupun lahan. Integrasi data analisis tanah yang akurat, tingkat hasil tanaman yang diharapkan, monitoring pertumbuhan tanaman maupun data cuaca serta pengelolaan pupuk yang diperiksa secara berkala. Perkembangan pertanian kini merambah era precision agriculture. Buku ini mengulas tentang PHSL komponen precision agriculture; PHSL untuk tembakau Sindoro Sumbing; teknik pengelolaan  hara Fe pada lahan sawah   berkadar  Fe tinggI; kajian penggunaan pupuk rekomendasi spesifik lokasi  terhadap pertumbuhan dan hasil  tanaman padi varietas unggul di Jawa Tengah; hubungan jangka panjang antara pemupukan dan tanah dan the story of Andisol. Selamat membaca.

Judul buku: Pengelolaan Hara Spesifik Lokasi (Antara Padi, Tembakau dan Andisol) • Penulis: Suprihati dkk. • Penerbit: Griya Media (Salatiga, Juni 2018)

Kolaborasi ke 4 bersama tim penelitian gandum

Menuai Bulir Gandum, Berkat Boga Bangsa (2017)

Kolaborasi ke 3 bersama tim penelitian Kearifan lokal gunung

Kegiatan budidaya tanaman pada dasarnya proses memanen energi surya melalui sejumlah proses yang berlangsung di pabrik yang bernama tanaman. Begitu bibit ditanam sejumlah faktor berinteraksi yaitu faktor individu bibit, tanah dan iklim. Faktor iklim merupakan faktor yang relatif sulit dikelola bersifat ‘given’ anugerah yang tiada terkira. Perubahan iklim global yang terjadi saat ini tidak akan membuat petani meratap dan berhenti bertani. Secara arif dan cerdas petani mempersiapkan diri memahami karakter sumberdaya iklim dan optimalisasinya dalam budi daya melalui pengelolaan OPT, pemanfaatan materi lokal semisal Tithonia diversifolia yang ada dengan tetap memperhatikan hasil analisis tanah secara praktis. Petani sangat menyadari bahwa perubahan iklim berdampak kepada produktivitas, kualitas hasil tanaman yang berujung pada pendapatan mereka. Selalu ada disguise blessing (berkah tersembunyi) dari setiap kejadian. Mengantisipasi perubahan iklim, petani memadukan pengetahuan dan kearifan lokal pranata mangsa dengan peramalan iklim dan cuaca berbasis teknologi informasi. Secara kultur sosial  petani belajar mengenal masalah dan risiko pertanian terkait iklim dan membuat program antisipasi di tingkat kelompok tani. Yah petani melakukan Sekolah Lapang Iklim (SLI), menterjemahkan informasi  prakiraan  iklim  untuk  menyusun  strategi  budi  daya  lebih tepat.

Bertani itu melukis bersama alam, kadang  sambil menari atau menyanyi, tak jarang harus gigit jari (puisi tukang kebun).

Judul buku: Sekolah Iklim Petani • Penulis: Suprihati dkk. • Penerbit: Satya Wacana University Press (Salatiga, Juni 2015) • Tebal: 126 halaman • 16 cm x 23 cm

Kolaborasi ke 2 bersama tim penelitian Kearifan lokal gunung

Gunung merupakan bagian integral dari alam kehidupan masyarakat. Gunung memberikan diri sebagai sumber materi sarana kehidupan secara langsung maupun pembelajaran filosofi tatanan kehidupan. Belajar pada Sang Gunung, belajar dari dan tentang gunung sebagai sumber kehidupan. Buku ini merupakan hasil pendekatan kajian Budidaya Pertanian berbasis Pengetahuan dan Kearifan Lokal pada Daerah Pegunungan. Untuk mempermudah pemahaman, buku ini dibagi menjadi 3 bagian: Bagian 1 Belajar dari Sang Gunung; Bagian 2 Gunung, Bencana dan Perubahan Iklim dan Bagian 3 Budidaya Pertanian di Pegunungan Berbasis Kearifan Lokal.

Judul buku: Belajar Dari Sang Gunung • Penulis: Suprihati dkk. • Penerbit: Griya Media (Salatiga, Juni 2014) • Tebal: 114 halaman • 17 cm x 24 cm

Kolaborasi perdana bersama para blogger

Buku Antologi. Buka-bukaan Ala Blogger Kondang(an). Penerbit: Sixmidad (Bogor, Pertengahan 2014)